RENUNGAN PETANG 2 MARET 2017

Roh kudus menyatukan jemaat dalam misi dan pelayanan



Bacalah Kis. 2:4-11, 16-21. Apakah hasil curahan Roh Kudus kepada orang-orang percaya di Perjanjian Baru?



Roh Kudus bertanggung jawab untuk jangkauan misionaris yang paling berkuasa dan telah disaksikan oleh sejarah. Allah dapat melakukan lebih banyak hal melalui kelompok kecil yang bersatu di dalam penyembahan mereka kepada-Nya daripada kelompok besar yang kesetiaannya terbagi-bagi. Tetapi Allah dapat melakukan hal yang lebih besar lagi ketika kita semua sudah mengabdikan kehidupan kita dan kekuatan kita, talenta-talenta kita dan sumber daya kita, kepada-Nya.


Dari persatuan dalam kehidupan dan misi umat percaya, bertumbuhlah jemaat Perjanjian Baru. Sebuah kelompok umat percaya yang kecil dan malu-malu diubahkan menjadi sebuah pasukan kuat yang menjadi alat efektif untuk menjangkau orang dari berbagai budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Mereka disatukan untuk menyatakan “perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah” (Kis. 2:11). Allah yang sama yang aktif di dalam Perjanjian Baru akan terus aktif sampai akhir zaman, ketika pekerjaan harus diselesaikan sebelum Ia datang kembali.


Bacalah Kis. 2:42-47, Pada bagian lain manakah orang percaya di Perjanjian Baru disatukan?


Misi pada hari Pentakosta didampingi sejumlah faktor lainnya di mana jemaat yang mula-mula berdiri dengan bersatu. Mereka bersatu dalam mempelajari Firman dan terus-menerus mengabdikan diri mereka bagi pengajaran rasul-rasul (Kis. 2:42). Mereka disatukan di dalam persekutuan dan dalam memecah-mecahkan roti, juga disatukan dalam peribadatan (Kis. 2:42). Mereka disatukan dalam doa (Kis. 2:42) dan disatukan dalam pujian kepada Allah (Kis. 2:47). Mereka disatukan dalam melayani orang yang membutuhkan ketika mereka dengan rela membagikan apa yang mereka miliki dan kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama (Kis. 2:44, 45). Bersatu dalam mempelajari Alkitab dan ibadah akan menghasilkan keinginan untuk membagikan kabar baik dan untuk menolong orang lain di dalam cara-cara praktis. Roh Kudus akan membuka mata kita kepada kebutuhan orang-orang yang ada di sekitar kita.


Apakah kegiatan dalam jemaat Anda yang dapat menolong menyatakan kesatuan di jemaatmu? Apalagikah yang dapat Anda lakukan?

Advertisements