RENUNGAN PETANG 28 FEBRUARI 2017



​Roh Kudus Menyatukan Jemaat Melalui Firman Allah



Bacalah Kis. 17:11; Yoh. 5:39, 46, 47; 8:31, 32. Apakah tanda khusus seorang murid Kristus yang benar? Mengapakah Alkitab sangat diperlukan dalam mengarahkan kita kepada Kristus dan dalam menolong kita untuk mengikuti-Nya dengan setia?


Alat utama yang membuat kita disatukan dengan Kristus oleh Roh Kudus adalah melalui Firman Allah yang tertulis. Alkitab adalah sebuah sumber yang dapat dipercaya untuk mengenal Yesus dan kehendak Allah. Oleh karena itulah mengapa membaca Alkitab dan menghafalkan isinya sangatlah penting. Alkitab adalah sumber yang berkuasa untuk membedakan kebenaran rohani dan kesalahan. Paulus memuji orang Berea sebagai orang yang berbudi luhur (Kis. 17:11) karena mereka dengan rajin mempelajari dan menyelidiki Alkitab untuk menemukan apakah yang mereka dengar adalah hal yang benar.


Apa pun pembaruan dan kebangunan rohani—tidak peduli apakah itu memengaruhi kita secara individu atau secara jemaat—haruslah didasarkan pada Alkitab. Alkitab adalah fondasi oleh mana iman kita didirikan; sementara itu, kasih Kristus dan Firman-Nya yang tertulis adalah pengikat yang menjaga kita tetap bersatu.


Bacalah Yohanes 17:17-21. Di sini Yesus berbicara tentang kesatuan sebagai sebuah tanda istimewa pemuridan Kristen. Menurut Yohanes 17:17, apakah dasar dari kesatuan ini?


Firman Allah adalah kebenaran (Yoh. 17:17; Mzm. 119:160). Persatuan jemaat adalah pekerjaan Roh Kudus dengan dan melalui Firman Allah yang tertulis. Roh Kudus tidak pernah menuntun kita kepada keraguan, kecaman, melebihi, atau gagal dalam ajaran Alkitab. Gantinya, Dia membuat kita menghargai otoritas Ilahi pada Alkitab tersebut. Roh Kudus tidak pernah menarik kita jauh dari Firman yang tertulis itu, atau apa pun selain Firman Kehidupan. Dia menjaga kita agar tetap setia, sadar, dan mau berserah kepada Diri-Nya dan Firman Allah. Alkitab adalah sumber mendasar bagi semua ilmu tentang Allah di seluruh dunia. Ketika kita merendahkan atau melemahkan kepercayaan kita terhadap Alkitab sebagai Firman Allah untuk kebenaran kita, maka persatuan jemaat akan hancur.


Berapa banyakkah waktu yang Anda habiskan untuk Firman Tuhan? Lebih penting bagaimanakah Anda dapat belajar untuk tunduk kepada ajaran-ajaran Alkitab?

Advertisements