RENUNGAN PETANG 25 FEBRUARI 201

​ROH KUDUS DAN JEMAAT



SABAT PETANG


Untuk Pelajaran Pekan Ini, Bacalah: Ef. 1:22, 23; 1 Kor. 12:13; Rm. 6:3-7; Kis. 17:11; Ef. 4:5,6; Kis. 2:4-11.



Ayat Hafalan: “Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan” (Efesus 4:3-5).


Kadangkala kita berpikir bahwa Roh Kudus hanya bekerja pada tingkat individu dan di dalam kehidupan umat percaya. Tetapi pekerjaan di dalam individu ini adalah dasar sebuah komunitas yang rohani. Akhirnya Roh Kuduslah yang bertanggung jawab bagi keberadaan jemaat Kristus.


Kita sering tergoda untuk menganggap bahwa jemaat ada dan bertumbuh karena berbagai kebangunan rohani dan kegiatan-kegiatan misionaris. Betul, Allah ingin mencapai rencana kemuliaan-Nya bagi jemaat, dan melakukannya dengan bantuan kita. Tetapi alasan yang sebenarnya bagi jemaat bukan dari apa yang kita lakukan; bukan juga karena hasil yang baik dari pekerjaan organisasi yang efisien, yang memang sangat penting. Jemaat ada karena apa yang Allah sudah lakukan dan akan terus lakukan bagi kita melalui Roh Kudus. Roh Kuduslah yang menciptakan komunitas rohani dan persekutuan yang memiliki Firman Allah yang tertulis, diinspirasikan oleh Roh Kudus yang sama, sebagai otoritas untuk iman dan tindakan. Alkitab yang diinspirasikan Roh Kudus adalah fondasi bagi kesatuan teologi jemaat. Tanpa pekerjaan Roh Kudus, jemaat tidak akan ada dan tidak dapat melanjutkan pemenuhan misinya.


*Pelajari pelajaran sepekan ini untuk persiapan Sabat, 4 Maret.

Advertisements