RENUNGAN PETANG 22 FEBRUARI 2017

Karunia itu, Dulu dan Sekarang



Bacalah 1 Korintus 14:1 dan bandingkan daftar yang berbeda dari 1 Korintus 12:7-11,27-31; Rm. 12:3-8; dan Efesus 4:11,12. Apakah karunia itu hanya diberikan kepada umat percaya di Perjanjian Baru? Mengapakah karunia tersebut tersedia saat ini?


Ada orang Kristen yang berpikir bahwa karunia rohani yang disebutkan di dalam Perjanjian Baru hanyalah terbatas di zaman Yesus dan para rasul. Mereka beralasan bahwa dengan kematian para rasul yang pertama maka karunia yang khusus juga sudah hilang, ditarik dari gereja. Untuk menyokong pandangan mereka, dikutiplah 1 Korintus 13:10, ketika Rasul Paulus berkata, “Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.” Benar, memang akan ada waktunya ketika karunia akan lenyap. Namun mereka akan lenyap hanya ketika yang sempurna sudah datang, yaitu, ketika kita tidak lagi melihat melalui kaca yang gelap, tetapi muka dengan muka, ketika Yesus datang kembali. Alkitab mengatakan bahwa karunia rohani diberikan untuk membangun jemaat (1 Kor. 12:28). Paulus memperingatkan umat percaya untuk “usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh” (1 Kor. 14:1). Karunia Roh diperlukan untuk kesehatan tubuh jemaat. Dengan tidak adanya bukti Alkitabiah bahwa Allah telah menghapus karunia Roh, maka kita beranggapan bahwa Dia telah merencanakan karunia ini tetap tinggal sampai jemaat sudah menyelesaikan misinya, dan Kristus sudah datang kembali.


Pekerjaan Allah akan diselesaikan pada akhir zaman dengan kuasa dan kuasa yang lebih besar daripada sebelumnya. Selama gereja dipanggil untuk menyediakan dunia ini bagi kedatangan Kristus yang kedua kali, Allah tidak akan pernah meninggalkan jemaat-Nya tanpa bantuan untuk menyelesaikan misi mereka. Tetapi karunia ini tidak akan menggantikan Alkitab, juga tidak mengambil tempat dari Alkitab. Namun Karunia Roh adalah penggenapan janji Alkitabiah untuk memperlengkapi umat percaya agar mereka dapat membangun tubuh Kristus dan mempersiapkan dunia untuk kedatangan Yesus yang segera.


Bacalah Efesus 4:11-13, khususnya ayat 13, yang berkata: “Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.” Apakah yang dikatakan ayat-ayat ini tentang dibutuhkannya karunia ini saat ini di jemaat kita?

Advertisements