RENUNGAN PETANG 18 FEBRUARI 2017


​ROH KUDUS DAN KARUNIA ROH



SABAT PETANG


Untuk Pelajaran Pekan Ini, Bacalah: 1 Kor. 12:4-7,11; Ef. 4:7; 1 Kor. 12:14-31; Rm. 12:3-8; 1 Yoh. 4:1-3.



Ayat Hafalan: “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang” (1 Korintus 12:4-6).


Berangkat untuk sebuah perjalanan bisnis yang panjang, seorang ayah meninggalkan anaknya untuk menjaga rumah mereka dengan tugas tertentu yang harus diselesaikan. Tetapi anak ini segera sadar bahwa ayahnya tidak menyediakan alat-alat dan perkakas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugasnya tersebut. Merasa frustrasi, anak ini akhirnya meninggalkan tugasnya itu tanpa melakukan sesuatu pun.


Demikian pula, ketika Yesus meninggalkan murid-murid-Nya dan pergi untuk bersama Bapa-Nya di surga, Ia memberikan mereka sebuah tugas tertentu: Khotbahkan kabar baik Injil kepada dunia. Namun Yesus tidak meninggalkan murid-murid-Nya tanpa dilengkapi. Apa yang Dia perintahkan untuk mereka lakukan dimampukan oleh-Nya, tetapi dalam nama-Nya dan melalui kuasa serta bantuan Roh Kudus. Dalam 1 Korintus 1:4-7 Paulus mengucap syukur “kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal;… Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun.” Karunia-karunia Roh diberikan melalui Roh Kudus di dalam Kristus untuk membangun jemaat-Nya.


Pekan ini kita akan mempelajari Roh Kudus sebagai Pemberi semua karunia Allah yang Mahakuasa yang menakjubkan dan melihat perbedaan antara buah Roh dan karunia Roh.


*Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat. 25 Februari.

Advertisements