RENUNGAN PETANG 13 FEBRUARI 2017


Buah Kasih



Bacalah Galatia 5:22 dan 1 Korintus 13 kembali. Mengapakah kasih menjadi aspek buah Roh yang pertama dan utama? Bagaimanakah kasih bisa memengaruhi semua aspek buah yang selanjutnya?


Kasih seharusnya menuntun dan memahkotai berbagai ciri buah Roh dan kasih meresap ke semua buah. Artinya semua kualitas buah yang tertulis dapat dilihat sebagai bagian dari kasih. Karena Allah adalah kasih (1 Yohanes 4:8 ), kebajikan Kekristenan tertinggi adalah kasih (1 Kor. 13:13).


Kasih Allah adalah fondasi dan sumber dari semua kebaikan yang lainnya. Kasih Allah dicurahkan kepada kita dalam hati kita melalui Roh Kudus (Rm. 5:5). Kasih adalah bukti bahwa kita adalah anak-anak Allah.


Kasih ini jauh lebih tinggi daripada rasa sayang manusia. Kasih ini tidak dapat diusahakan oleh manusia. Kasih datang sebagai hasil tinggal dalam Kristus. Jenis kasih seperti ini murah hati dan tanpa pamrih. Hanya kasih inilah yang memiliki kekuatan untuk mengubah. Dalam sifatnya yang lembut namun kuat, kasih Ilahi menuntun orang berdosa kepada pertobatan dan membangunkan keinginan untuk sesuatu yang lebih baik. Kasih memiliki kekuatan untuk menyatukan—bahkan terhadap musuh sekalipun (Luk. 6:27, 28; Rm. 5:8). Jadi, oleh kasih kita kepada orang lain dunia akan tahu bahwa orang Kristen adalah benar-benar pengikut Kristus (Yoh. 13:35). Buah kasih ini akan menuntun orang Kristen menunjukkan pengertian dan kepekaan terhadap orang lain.


Adalah menarik melihat gambaran utama kasih dalam 1 Korintus 13 yang terletak antara pasal 12 dan 14. Kedua pasal itu berkaitan dengan buah Roh. Namun pasal 13, berhubungan dengan kasih: Buah Roh. Bahkan pemberian yang terbesar sekalipun tidak berarti tanpa kasih. Karunia-karunia Roh Kudus tanpa buah Roh menjadi tidak berdaya dan tidak dapat menghasilkan berkat yang Allah inginkan. Namun kasih adalah perekat untuk mengikat semua nilai kebajikan buah Roh ke dalam sebuah persekutuan menyeluruh dan memberikan keabsahan kepada segala sesuatu yang kita lakukan.


Di bagian manakah dalam kehidupanmu kekurangan kualitas kasih.? Mintalah kepada Roh Kudus untuk mengisi dirimu dengan kasih terhadap orang yang Anda temui setiap hari. Bagaimanakah Anda dapat menunjukkan kasih kepada sesamamu? Bagaimanakah kasih memengaruhi nilai-nilai kebajikan lain yang ada di dalam buah Roh?

Advertisements