RENUNGAN PETANG 11 FEBRUARI 2017



ROH KUDUS DAN BUAH ROH



SABAT PETANG



Untuk Pelajaran Pekan Ini, Bacalah:


Yoh 15:1-11; Gal 5:22; 1 Kor 13; Rom 14:17; Ef 5:9; Mat 5:5



Ayat Hafalan:


“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu”




(Galatia 5:22,23).



Buah Roh adalah inti kehidupan Kekristenan. Ketika Rasul Paulus mendaftarkan sembilan aspek yang berbeda dari buah ini, ini semua hanyalah satu buah yang harus dilihat secara satu kesatuan. Buah Roh tidak menyatakan apa yang seseorang mampu lakukan buat Allah melalui pemberian karunia dan talenta. Tetapi, menunjukkan bagaimana seseorang itu hidup bagi Allah. Buah ini menyatakan siapa orang itu sebenarnya. Semua kebajikan yang tertulis dalam Galatia 5:22,23 ada di dalam Yesus Kristus. Oleh karena itu, buah Roh adalah kehidupan Kristus di dalam kita, yang dimungkinkan oleh kuasa Roh Kudus.


Buah Roh bukanlah sesuatu yang kita capai oleh usaha pribadi kita yang murni. Adalah mungkin untuk menghasilkan dan menunjukkan beberapa kebajikan yang sama melalui melatih kuasa kemauan kita. Tetapi hal tersebut tidaklah sama seperti yang Roh Kudus lakukan di dalam kita. Apa yang kita hasilkan oleh diri kita adalah sama seperti buah (yang terbuat dari) lilin dan bukan yang asli. Buah lilin tersebut adalah imitasi. Dari kejauhan tampaknya sama indahnya dengan yang asli, tetapi rasanya aneh dan jauh berbeda dari buah yang asli. Buah asli tidak dapat dibuat dengan mesin. Itu bertumbuh dari sebuah hubungan. Ketika Roh Kudus berhubungan dengan Yesus, melalui Firman-Nya yang Tertulis, tabiat-tabiat-Nya mulai dinyatakan di dalam kehidupan kita.


*Pelajarilah pelajaran sepekan ini untuk persiapan Sabat, 18 Februari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s