RENUNGAN PETANG 7 FEBRUARI 2017

​Agen Pengudusan

Apakah yang dikatakan oleh 1 Korintus 6:11, Titus 3:5, dan Ibrani 13:12 kepada kita mengenai pengudusan?

Pengudusan kita dicapai dengan iman (Ibr. 11:6) melalui kuasa Roh Kudus (2 Tes. 2:13; 1 Ptr. 1:2). Rasul Paulus menulis: “Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita” (1 Kor 6:11). Yesus menciptakan di dalam kita pertumbuhan sepanjang hidup di dalam kekudusan, menghasilkan buah Roh di dalam diri kita. Diri kita diubahkan serupa dengan diri-Nya yang “datangnya dari Tuhan yang adalah Roh” (2 Kor 3:18).

Bacalah Galatia 5:16, 17. Apakah yang dimaksudkan Paulus dengan ayat-ayat ini?

Ada pertempuran yang sedang terjadi dalam diri setiap orang percaya. Ketegangan yang kita semua hadapi berakar pada kenyataan bahwa dosa tinggal di dalam diri kita (Rm. 7:20). Rasul Paulus mengetahui tentang hal pertempuran ini ketika ia menyatakan pada akhir hidupnya: “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus” (Flp. 3:13, 14).

Bacalah Ibrani 12:1,2. Apakah perjuangan iman yang kita perangi melawan dosa?

Pertempuran yang karenanya kita dipanggil adalah untuk menaruh “mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan” (Ibr 12:2). Sangat sering kita terlalu berpusat pada diri kita dalam agama kita. Kita terlalu banyak berfokus kepada kemenangan dan kekalahan kita daripada berfokus kepada Allah, Satu-satunya yang dapat memberikan kemenangan kepada kita terhadap dosa. Ketika Roh Kudus menolong kita untuk melihat kepada Yesus, kita tidak akan menginginkan dosa dan segala sesuatu yang begitu merintangi kita akan kita kesampingkan (Ibr 12:1). Tetapi ketika kita mengarahkan pandangan kita kepada dosa dan kelemahan kita, kita sedang melihat pada diri sendiri dan bukan kepada Yesus. Hal ini memudahkan kita dikalahkan karena, dengan berpegang pada kegagalan kita, kita dengan mudah dilemahkan. Namun, melalui melihat kepada Yesus, kita akan dikuatkan dan dapat hidup dalam kemenangan.

Jika seseorang menanyakan padamu, “Bagaimanakah saya bisa memperoleh kemenangan atas dosa yang dijanjikan kepada saya dalam Alkitab?” Apakah yang akan Anda jawab, dan mengapa? Bawalah tanggapanmu ke UKSS Anda pada hari Sabat.

Advertisements

One thought on “RENUNGAN PETANG 7 FEBRUARI 2017”

  1. I am not sure where you’re getting your info, but great topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.
    Thanks for magnificent info I was looking for this info for my mission.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s