RENUNGAN PETANG 2 FEBRUARI 2017


​Kehidupan yang Berpusat Pada Diri Versus Kehidupan yang Berpusat Pada Kristus



Bacalah Galatia 5:16-26 dan bandingkan dengan. Efesus 5:1-9, 17-20. Daftarkan perbedaan antara kehidupan yang berpusat pada diri sendiri dan yang dipenuhi dengan Roh Kudus.

Kehidupan seseorang yang dipenuhi dengan Roh Allah ditandai dengan kasih yang menurut-kepada hukum Allah dan roh belas kasihan kepada orang lain (lihat 2 Kor. 5:14). Dibarui di dalam pikiran dan akal dan menerima hati yang baru dan penampilan kehidupan yang baru, nilai dan sikap kita akan juga berubah. Kita mau menghidupkan kehidupan kita bukan lagi dengan kekuatan kita tetapi di dalam penyerahan sepenuhnya kepada Roh Kudus (Gal. 3:3).

Kita tidak dapat mengubah diri kita sendiri. Kita tidak memiliki kuasa diri untuk mengubah diri kita, karena dosa sangatlah tertanam dalam kita. Kekuatan perubahan tersebut haruslah datang dari Allah. Perubahan dari dalam bisa terjadi dengan baik melalui pekerjaan pengubahan Roh Kudus. Bukanlah perubahan luar, seperti memperbaiki kebiasaan yang buruk ini dan itu, yang membuat kita Kristen. Perubahan itu harus datang dari sebuah hati yang dibarui Roh Kudus.

Ini adalah pekerjaan seumur hidup, sebuah pekerjaan yang akan melewati situasi naik dan turun, tetapi sebuah pekerjaan yang Allah janjikan dilakukan di dalam kita adalah jika kita berserah pada-Nya. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus” (Flp: 1:6).

Di bagian hidupmu yang manakah Anda melihat ada cinta diri, dan di bagian manakah Anda melihat kehidupan yang memantulkan pekerjaan Roh-Kudus di dalam dirimu? Apakah yang jawabanmu katakan tentang dirimu sendiri dan tentang pilihan yang perlu Anda buat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s