RENUNGAN PETANG 18 JANUARI 2017

Sekolah Sabat

Rabu, 18 Januari 2017

​Pekerjaan Ilahi Roh Kudus


Roh Kudus melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang Alkitab anggap hanya Allah yang mengerjakannya. Roh aktif dalam pekerjaan Ilahi di waktu Penciptaan, dan Dia pun juga sama aktifnya di dalam Penciptaan Kembali yang dilakukan Allah untuk orang-orang berdosa.
Bacalah Titus 3:4-6. Bagaimanakah Paulus menggambarkan keterlibatan Roh Kudus di dalam proses penciptaan kembali?

Roh Kudus disebutkan berdampingan dengan “Allah Juruselamat kita” (Titus 3:4) dalam peristiwa pembasuhan kelahiran kembali (baptisan) dan pembaruan kerohanian kita (Titus 3:5). Dialah agen kelahiran baru kita. Dia membarui hati kita. Dia pun membangkitkan keinginan kita untuk mengikuti Kristus. Dialah Roh kehidupan (Rm. 8:2). Dia adalah Oknum yang menyucikan orang-orang berdosa dan mengubah tabiat mereka. Dia menolong kita untuk menuruti Yesus Kristus, yang menyelamatkan kita. Hanya pribadi yang Ilahilah yang dapat melakukan hal-hal luar biasa.
Bandingkan Yesaya 6:8-10 dengan Kis. 28:25-27. Kepada siapakah penulis-penulis Alkitab menghubungkan dengan pembicaraan Ilahi?

Ada beberapa ayat dalam Alkitab yang pada satu sisi dikatakan Allahlah yang berbicara, sementara di sisi yang lain disebutkan oleh penulis Alkitab bahwa Roh Kuduslah yang berbicara. Adalah Roh Kudus yang secara supra natural menyampaikan Kitab Suci kepada kita (2 Ptr. 1:21), sesuatu yang di tempat lain disebutkan sebagai inspirasi milik Allah (2 Tim. 3:16). Memberikan Alkitab adalah sebuah pekerjaan Ilahi yang lain dari Roh Kudus.
Apakah yang Rm. 8:11 ajarkan kepada kita perihal Keilahian Roh Kudus?

Alkitab menyatakan bahwa Roh Kudus membangkitkan Yesus dari kematian dan juga akan membangkitkan kita melalui Roh Kudus. Hanya Allah yang memiliki kuasa untuk membangkitkan orang dari kematian. Jadi, Roh Kudus adalah Allah.
Perubahan apakah yang dapat Anda buat yang dapat menyebabkan dirimu lebih terbuka terhadap tuntunan Roh Kudus? Kemudian, praktik-praktik apakah yang dapat menjaga dirimu agar Anda tetap jelas mengerti pimpinan-Nya dalam hidupmu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s