RENUNGAN PETANG 17 JANUARI 2017

Selasa, 17 Januari 2017

Petunjuk-petunjuk Alkitabiah


Ada berbagai referensi terhadap Roh Kudus di dalam Alkitab yang dapat saling bertukar dengan referensi Allah.
Bacalah Yesaya 63:10-14 dan bandingkan dengan Bilangan 14:11 dan Ulangan 32:12. Kepada siapakah ayat-ayat ini dimaksudkan oleh penulis, dan apakah yang dikatakan tentang hal ini kepada kita mengenai Keilahian Roh Kudus?
Di dalam Yesaya 63:10, orang-orang memberontak dan mendukakan Roh Kudus. Namun, pada catatan yang serupa, seperti dalam Bilangan 14:11, berkata “Tuhan berfirman kepada Musa: ‘Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku.’” Dan di dalam Ulangan 32:12, dikatakan kepada kita bahwa “Tuhan sendiri menuntun dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia.” Sungguh-sungguh penulis Alkitab di sini melihat Allah dan Roh Kudus berada pada tingkat yang sama atau sejajar satu dengan lainnya.
Dalam 2 Samuel 23:2, kita baca bahwa “Roh Tuhan berbicara dengan perantaraanku” yang mana pernyataan sejajar di dalam ayat 3, berkata: “Allah Israel berfirman… kepadaku.” Sekali lagi, kesimpulan dari kesejajaran Alkitabiah adalah bahwa Roh Kudus diyakini sama seperti Allah.
Bandingkan 1 Korintus 3:16, 17 dengan 1 Korintus 6:19, 20 dan bandingkan 1 Korintus 12:11 dengan 1 Korintus 12:28. Bagaimanakah referensi terhadap Roh Kudus dan terhadap Allah digunakan saling bertukar dalam ayat-ayat ini? Apakah sifat Allah yang serupa dengan sifat Roh Kudus?
Dalam 1 Korintus 3:16, 17, Paulus menggunakan bahasa yang sama dengan 1 Korintus 6:19,20. Bagi rasul Paulus, didiami Roh Kudus adalah didiami Allah. Dengan menyamakan ekspresi “Bait Suci Allah” dengan sebuah Bait Suci “Roh Kudus,” Paulus menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah Allah.
Di dalam 1 Korintus 12:11, Paulus menuliskan bahwa adalah Roh Kudus yang membagikan karunia rohani kepada setiap umat percaya. Beberapa ayat kemudian di dalam 1 Korintus 12:28, disebutkan bahwa adalah Allah yang melakukan hal tersebut. Pekabaran mendasar sangatlah jelas: Roh Kudus melakukan tindakan-tindakan yang sama dengan yang dilakukan Allah, bukti yang sangat kuat di mana Roh Kudus adalah sama derajatnya dengan Allah.
Baca kembali Bilangan 14:11. Dalam cara apakah yang mungkin dapat diterapkan kepada kita saat ini? Pikirkanlah tentang jalan-jalan luar biasa yang Allah kerjakan di dalam gereja kita. Pikirkanlah semua alasan yang Dia sudah berikan kepada kita agar kita percaya. Bagaimanakah kita dapat memastikan, kita tidak sedang melakukan apa yang telah dibuat oleh umat Allah ribuan tahun yang lalu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s