RENUNGAN PETANG 16 JANUARI 2017

Senin, 16 Januari 2017

​Sifat Keilahian Roh Kudus


Dalam beberapa ayat Roh Kudus digambarkan memiliki sifat-sifat Ilahi. Sifat-sifat dan kegiatan-kegiatan Roh Kudus apakah yang didaftarkan dalam ayat-ayat berikut ini, yang sifatnya hanya dapat disamakan dengan Allah?
1 Kor. 2:10, 11; bandingkan dengan Yes. 40:13, 14 Mzm. 139:7 

Ibr. 9:14; bandingkan dengan 1 Tim. 6:16

Luk. 1:35; Rm. 15:19; bandingkan dengan Mzm. 104:30

Dalam menguji hikmat Allah, Paulus membuktikan bahwa Roh Kuduslah yang membuat hikmat itu kita kenal. “Yang sama saling mengenal ” adalah cara berpikir yang Paulus gunakan di dalam argumentasinya. Hanya seseorang yang sama seperti Allah yang mengetahui hal-hal yang tersembunyi mengenai Allah (1 Kor. 2:10, 11). Tidak ada yang mengenal Allah sama seperti Roh Kudus, karena Dia mengenal Allah dari dalam diri Allah sendiri. Dia mengenal dengan cara yang tidak diketahui oleh mereka yang berada di luar diri Allah. Roh Kudus sesungguhnya adalah Mahatahu.
Kehadiran Roh Kudus adalah kehadiran Allah. Jika saya tidak dapat melarikan diri ke tempat di mana tidak ada Roh Allah, Dia adalah Maha hadir (bandingkan dengan Mzm. 139:7).
Roh Kudus dinyatakan abadi (Ibr. 9:14). Menurut Alkitab, berapa banyak oknum yang kekal? Hanya Allah yang kekal (1 Tim 6:16). Jika Roh disebut kekal, maka Dia pasti adalah Allah.
Roh Kudus juga disebutkan sangat kuat atau berkuasa. Dalam Lukas 1:35 frasa “Roh Kudus” dan “kuasa Allah Yang Mahatinggi” berada dalam bentuk yang sama. Ayat ini merujuk pada sebuah mukjizat pertama yang terbesar, yaitu mengandungnya seorang perawan. Di dalam Rm. 15:19, Rasul Paulus memperkenalkan bahwa pelayanannya ini dapat dicapai dengan “kuasa tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat dan oleh kuasa Roh Kudus.” Benarlah, Roh Kudus dapat melakukan mukjizat Ilahi.
Yesus juga berkata bahwa hujatan terhadap Roh adalah dosa yang tidak dapat diampuni (Mat. 12:31, 32; Mrk. 3:28, 29). Hal ini tidak dapat dipahami kecuali Roh Kudus itu adalah Ilahi.
Tetapi, mungkin pekerjaan Roh Kudus yang paling menakjubkan adalah kemampuan-Nya dalam mengubah hati dan pikiran manusia. Adalah Roh Kudus yang menyelesaikan sebuah kelahiran rohani yang baru (Yoh. 3:5-8). Dia memiliki kuasa untuk menyelesaikan sesuatu yang hanya Allah dapat lakukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s