RENUNGAN PETANG 12 JANUARI 2017

Kamis, 12 Januari 2017

Roh Kudus dan Kristus


Roh Kudus berpengaruh dalam inkarnasi Yesus (Luk. 1:34). Dia mengurapi Yesus bagi misi Yesus (Luk. 3:21, 22). Pengurapan Yesus mengenakan diri-Nya dengan kuasa untuk memenuhi misi penyelamatan-Nya dan memampukan diri-Nya untuk mengurapi murid-murid-Nya dengan Roh Kudus. Roh Kudus menuntun dan menopang Yesus pada saat pencobaan-Nya (Mrk 1:12; Mat. 4:1; Luk. 4:1, 2, 14) agar Yesus “dapat menolong mereka yang dicobai.” (Ibr. 2:18; bandingkan dengan 4:15, 16). Roh Kudus memampukan Yesus untuk pekerjaan penebusan ini (Ibr. 9:14) dan membuat kebangkitan Yesus terjadi (1 Ptr. 3:18). Dalam semua peristiwa ini Roh Kudus tetap di belakang layar dan menolong membawa Yesus Kristus menjadi seorang yang terkemuka.
Bacalah Lukas 24:44-49; Galatia 5:16-23; dan Efesus 4:23, 24. Apakah yang dapat kita pelajari mengenai pekerjaan Roh Kudus di ayat-ayat tersebut? Bagaimanakah Roh Kudus memuliakan Yesus?

Roh Kudus memuliakan Yesus paling sedikit dalam cara-cara yang berikut ini:
1. Dengan mengajarkan tentang Dia di dalam Kitab Suci dengan cara yang dapat dipercaya dan benar. Tidak satu pun dari apa yang kita mau ketahui tentang Kristus dan keselamatan-Nya yang hilang atau salah gambaran. Semuanya ada di dalam Firman Tuhan, jika kita mau membacanya dengan iman dan penyerahan.
2. Dengan menarik pria dan wanita ke dalam sebuah hubungan yang menyelamatkan bersama Yesus Kristus. Roh Kudus dengan lembut bekerja di hati dan pikiran setiap orang. Dia memberikan kepada mereka pengertian agar mereka dapat mengerti hal-hal rohani dan agar mereka mau untuk menaruh kepercayaan mereka kepada Yesus Kristus dan menerima Dia sebagai Pemimpin dan Penebus mereka.
3. Dengan menghasilkan tabiat Kristus di dalam diri kita. Jadi Roh Kudus menghidupkan kebaikan seperti Kristus di dalam kehidupan (Gal 5:22. 23). Melalui darah Yesus kita diberikan kemenangan atas dosa (bandingkan Wahyu 12: 11) dan Roh Kudus memampukan kita untuk berjalan dalam kesetiaan kepada hukum-hukum Allah.
4. Dengan memampukan kita untuk menghidupkan kehidupan seperti Kristus, menyangkal diri, dan mengasihi dengan melayani kepada orang lain. Roh
kudus memanggil pria dan wanita ke dalam garis pekerjaan khusus bagi Allah dan memampukan kita untuk menjangkau orang lain di dalam Roh Kristus yang menarik.
Bagaimanakah pekerjaan untuk menghasilkan tabiat Kristus di dalam kehidupan kita membawa kemuliaan kepada Bapa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s