RENUNGAN PETANG 11 JANUARI 2017

Rabu, 11 Januari 2017

Roh Kudus dalam Memuliakan Yesus Kristus


Roh Kudus aktif sepanjang zaman Perjanjian Lama, walaupun tidak tampak bahwa pekerjaan-Nya sama luasnya dengan yang tertulis dalam Perjanjian Baru. Dengan kedatangan Yesus, Mesias yang dijanjikan, pelayanan Roh Kudus lebih diperhebat, dan Roh Kudus juga memberikan karunia-Nya kepada semua orang percaya. Sementara Perjanjian Baru menyatakan kepada kita bahwa Roh Kudus aktif dengan begitu banyak cara yang berbeda dalam keterlibatan-Nya kepada kehidupan kerohanian kita, namun pekerjaan-Nya yang paling penting adalah memuliakan Yesus Kristus.


Bacalah Yohanes 16:13,14 dan 15:26. Apakah yang Yesus katakan perihal pekerjaan Roh Kudus? Bagaimanakah semua pekerjaan Roh Kudus yang lain dihubungkan dengan pekerjaan utama ini?

Yesus berkata bahwa Roh Kudus berbicara bukan tentang diri-Nya sendiri, tetapi mengenai Yesus. Pekerjaan-Nya adalah untuk mengangkat pekerjaan penebusan Yesus. Roh Kudus menaruh diri-Nya terus di belakang layar dan mengarahkan lampu sorot itu kepada Yesus. Adalah tepat dikatakan bahwa “pekabaran Roh Kudus kepada kita tidak pernah ‘lihat padaku; dengar aku; datang padaku; cari tahu tentang aku’ tetapi selalu ‘lihat pada-Nya, dan lihatlah kemuliaan-Nya: dengarkanlah Dia, dan dengarkan firman-Nya; pergi pada-Nya, dan milikilah hidup; cari tahu tentang diri-Nya, dan rasakan karunia sukacita dan kedamaian.’ Roh Kudus, boleh kita katakan, sebagai pencari jodoh, perantara pernikahan surgawi, yang berperan membawa kita dan Kristus bersama dan memastikan bahwa kita dan Kristus tinggal bersama-sama.”—J. I. Packer, Keep in Step With the Spirit: Finding Fullness in Our Walk with God, edisi telah direvisi (Grand Rapids: Baker Books, 2005), hlm. 57, 58.
Ini sangatlah penting. Segala penekanan terhadap pekerjaan Roh Kudus yang menjauh dari Pribadi dan pekerjaan Yesus Kristus bukan dari Roh Kudus. Bagaimana pun pentingnya Roh Kudus dalam kehidupan rohani kita. Dia tidak pernah menggantikan tempat yang seharusnya ada dalam pikiran kita dan bagi keselamatan yaitu Yesus Kristus. Di mana saja Yesus dimuliakan. Roh Kudus terlibat dalam pekerjaan itu. Inilah sebabnya mengapa kita disebut orang Kristen, yaitu pengikut Kristus (bandingkan dengan Kis. 11:26), “Pneumians’ yaitu pengikut Roh (lihat Graham A. Cole, He Who Gives Life: The Doctrine of the Holy Spirit [Wheaton, III.: Crossways Books, 2007), hlm. 284).
Mengapakah sangatlah penting bagi kita untuk mengangkat Tuhan yang telah bangkit dalam semua hal yang kita kerjakan? Lagi pula, pikirkan apa yang Yesus sudah lakukan bagi kita. Kita berutang segala sesuatu kepada-Nya. Bagaimanakah cara kita menunjukkan terima kasih kita kepada-Nya (lihat, sebagai contoh, 2 Tes. 1:11, 12)?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s