RENUNGAN PETANG 7 JANUARI 2017

​Pelajaran 2

*7-13 Januari
ROH KUDUS: BEKERJA DI BALIK LAYAR

SABAT PETANG

Untuk Pelajaran Pekan Ini, Bacalah: Yeh. 37:5, 9; Kej. 1:2; Ay. 26:13; Kel. 31:1-5; Yoh. 16:13,14; Gal 5:16-23.

Ayat Hafalan: “Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberita­kan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku” (Yohanes 16:14).

Dalam Alkitab, Roh Kudus tidaklah menerima perhatian yang menonjol sama seperti yang diterima oleh Bapa dan Anak. Walaupun demikian, Alkitab mengatakan kepada kita bahwa Roh Kudus hadir pada setiap peristiwa penting sepanjang sejarah yang suci. Pada mulanya, pada saat Al­lah menciptakan dunia ini, Roh turut bekerja, tetapi lebih di belakang layar. Roh Kudussangatlah aktif dalam tugas inspirasi-Nya kepada nabi-nabi Allah, sehingga memainkan peranan penting dalam penulisan Firman Allah. Roh Ku­dus juga dilibatkan dalam inkarnasi Yesus Kristus di dalam kandungan Maria.

Namun demikian Roh Kudus bukanlah pusat dari catatan Alkitabiah, dan kita hanya sangat sedikit mengetahui tentang Dia. Roh Kudus tetap di bela­kang layar, oleh karena peran-Nya adalah untuk mendahulukan pekerjaan Se­seorang yang lain dalam Keallahan—Yesus Kristus, Anak Allah—dan untuk memberikan kemuliaan kepada Allah Bapa. Semua ini harus demikian agar manusia yang telah jatuh dapat diselamatkan dari kematian kekal yang telah dibawa dosa kepada mereka.

Dari kesaksian Alkitab, kita mempelajari bahwa Roh Kudus dengan rela dan penuh kasih menerima peran di belakang layar untuk menyokong, menolong, memelihara, dan memperlengkapi. Tidak masalah apakah itu pada saat penciptaan atau penebusan atau misi Keallahan, Roh tidak ingin menjadi sorotan, terlepas dari peran-Nya yang sangat penting.

* Pelajari pelajaran sepekan ini untuk persiapan Sabat, 14 Januari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s